lanjutan Cara Menjadi Seorang Programer

lanjutan Cara Menjadi Seorang Programer tahap selanjutnya gan...  

Baca Juga Cara Menjadi Seorang Programer


Metode 5 dari 6: Pemrograman Sistem



1
Pahami apa yang wajib dimiliki oleh pemrogram sistem. Pemrogram sistem berurusan dengan ilmu pemrograman, bukan implementasinya yang sepesifik. Jangan terpaku hanya pada satu platform.


2

Ikuti tiga langkah pertama dari Pemrogram Aplikasi Desktop.


3

Ikuti pelatihan dasar tentang aljabar linier.


4

Pelajari kalkulus.


5

Pelajari matematika logika dan diskrit.


6

Pelajari dasar-dasar beberapa sistem operasi. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:
  • Mencari tahu cara sistem operasi dapat terpasang.
  • Mempelajari cara memasang beberapa sistem operasi dalam satu komputer.
  • Memasang lebih dari satu sistem operasi. Jangan memasang packagependukung di sistem itu, cukup fungsionalitas murni yang disediakan oleh sistem operasi.

7

Ikuti pelatihan (atau Anda dapat mebaca buku) tentang arsitektukr perangkat keras komputer.


8

Kembangkan pemahaman mengenai platform-platform perangkat keras komputer.


9

Pahami dasar-dasar mengenai bahasa perakitan dari platform perangkat keras atau sistem operasi yang Anda pilih. Anda nantinya akan belajar merakit platform/sistem lainnya.


10

Pelajari bahasa pemrograman ANSI C dan C++, dan juga konsep-konsep pemrograman prosedural.


11

Pahami dan latihlah library standar C/C++ pada platform yang Anda pilih.Perdalam mengenai Standard Template Library (STL) dan mungkin Active Template Library (ATL).


12

Cari sumber lain di internet, atau melalui buku atau pelatihan untuk mendapatkan pengetahuan mengenai nuansa C dari platform yang Anda pilih.


13

Berlatihlah membuat kode lanjutan menggunakan C dan C++.


14

Pelajari Assembly lebih lanjut.


15

Ikuti pelatihan mengenai desain sistem operasi.


16

Cari dan baca dokumentasi platform yang Anda pilih. Ini akan lebih mudah jika Anda memilih sistem operasi berbasis Unix. Pahami dengan baik cara kerja sistem yang Anda pilih nantinya.


17

Latih pengetahuan Anda. Pertama, buatlah utilitas sistem kecil. Anda bisa melakukan hal bermanfaat berikut:
  • Berlatih membuat ulang peralatan kecil yang sudah ada di sistem.
  • Mencoba membuat ulang utilitas yang ada di sistem operasi lain.

18

Pelajari bahasa pemrograman sesuai dengen urutan kebutuhan Anda. Di sinilah pentingnya bahasa pemrograman pertama. Pelajari ANSI C terlebih dahulu, bukan C++, bukan C# , bukan Java dan bukan pula D. Lalu pelajari C++.
  • Alasan pembatasan bahasa pertama pada C adalah karena pemrograman sistem ini mengharuskan pemrogram memahami konsep-konsep berikut:
    • Kompilasi nyata dan penuh dari kode sumber.
    • Berkas keluaran objek tingkat rendah.
    • Biner penghubung.
    • Pemrograman perakitan/bahasa mesin tingkat rendah. Bahasa C dikatakan lebih mudah dipelajari dalam hal cara merakit. Bahasa C juga mendukung penyisipan kode bahasa perakitan dalam kode kapan saja dan hanya bersifat prosedural (seperti Assembly).
Metode 6 dari 6: Ilmu Pemrograman


1

Pahami apa yang dilakukan oleh seorang ilmuwan pemrograman. Ilmuwan pemrograman adalah pemrogram yang sangat mahir. Mereka tidak bekerja untuk mengembangkan aplikasi melainkan mengembangkan teknologi komputasi seperti enkripsi, bahasa pemrograman dan alogaritma penambangan data. Hal ini sulit didapat jika tidak menempuh jalur akademis khusus.


2

Pengetahuan ilmiah memerlukan waktu empat tahun pada jurusan sains komputer. Hal ini dapat dilakukan dengan cara:
  • Mengikuti perkuliahan sebenarnya (yang merupakan cara biasa).
  • Mengikuti jalur pelatihan untuk bidang ini dari salah satu kampus modern lalu mengambil pelatihan mandiri atau pelatihan terpisah lain. Hal ini terbukti secara teori, namun disarankan mengikuti jalur rekomendasi .

3

Tentukan bidang spesialis Anda. Semakin spesifik maka semakin baik. Ini tergantung pada keinginan Anda. Berikut ini daftar jurusan pada fakultas sains komputer yang dapat Anda pilih:
  • Desain alogaritma (pencarian, pengurutan, enkripsi, dekripsi dan deteksi kesalahan dalam komunikasi)
  • Desain/pengoptimalan bahasa pemrograman/pengompilasi
  • Bidang kecerdasan buatan (pengenalan pola, pengenalan suara, pengolahan bahasa alami, jaringan neural)
  • Robotik
  • Pemrograman ilmiah
  • Superkomputasi
  • Computer Aided Design/Modeling (CAD/CAM)
  • Realitas virtual
  • Grafis komputer (Grafis komputer biasanya disalahartikan sebagai desain grafis atau desain antarmuka pengguna grafis). Grafis komputer adalah bidang kaji yang mempelajari cara mewakili dan memanipulasi grafis dalam sistem komputer.

4

Pertimbangkan untuk melanjutkan studi akademis. Anda disarankan untuk melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar master atau doktor.





5

Pelajari teknologi dan bahasa pemrograman yang terkait dengan bidang pemrograman yang Anda pilih.


         SARAN

  • Apa pun jenis pemrograman yang Anda ingin coba atau tingkat yang ingin Anda capai, ikuti kelas pemrograman di sekolah atau universitas terdekat. Jangan terpaku pada "Ilmu Komputer". Kelas apa pun dapat Anda ikuti tanpa prasyarat harus berfokus pada pengajaran fundamental pemrograman. Konsultasikan dengan instruktur atau pakar pendidikan sebelumnya untuk memastikan memang kelas itulah yang Anda cari, karena ada banyak "kelas komputer" yang malah berfokus pada pengenalan aplikasi Office atau yang serupa.
SUMBER klik disini









































EmoticonEmoticon